Saturday, December 8, 2012

Tutorial at Changi Airport Singapore

# Changi Map and Spot #

Map Overview
Website Changi Airport


Panduan Tiba di Airport Changi 
 Nyampai di Bandara Internasional Changi ada beberapa alternatif untuk melakukan aktifitas, saran  saya adalah :
 1.       Keluar dahulu dari pemeriksaan Imigrasi, silahkan ikuti petunjuk yang ada di Bandara Changi, ikuti gambar berikut. Begitu landing di Changi, ikutin aja orang2 untuk jalan ke bagian imigrasi. Sebelumnya, kalo liat banyak computer berjejer, itu bisa dipake untuk internet gratisan. Waktu mau ngehadap bagian imigrasi, siapin dulu ‘departure card’ yang sudah dibagiin di pesawat. Kalo gak dapet, ambil aja di meja di dinding sebelah kanan. Sambil ngisinya, langsung aja sambil ngantri, sekalian untuk menghemat waktu.

Petunjuk ke arah Imigrasi

Antrian di Imigrasi Changi

2.       Serahkan passport dan E/ D card yang sebelumnya telah diisi untuk diperiksa.Ketika masuk imigrasi Singapura, selain paspor, arrival card akan diperiksa. Dua bar pertama akan mereka ambil, dan meninggalkan bar ketiga. Simpan bar terakhir, jangan sampai hilang karena itu akan mereka ambil saat kalian meninggalkan Singapura.Saat check in penerbangan, petugas konter akan memberi kalian arrival card Singapura, nggak perlu buru-buru diisi (tapi wajib tetap harus) karena kartu itu akan diperika oleh imigrasi di Singapura. Isinya hanya informasi pribadi sesuai dengan paspor, nomor penerbangan, embarkasi sebelum ke Singapura (ini dijawab dengan bandara tempat kalian take off), dan juga embarkasi setelah Singapura (kalau kalian hanya transit di sana dan berniat untuk pergi ke negara lain setelahnya), alamat selama tinggal di Singapura, lama tinggal, apakah kalian pernah berkunjung ke Afrika sebelumnya, lalu apakah kalian pernah memakai paspor lain dengan nama yang berbeda untuk masuk ke singapura, dan juga lainnya. Jawablah dengan jujur, dan santai saja. Selesai passport di cap, ambil koper di bagian pick up bagasi. Oya, hati2 buat yang bawa rokok lebih dari 2 pack. Kalau ketauan bawa lebih dari 2 pack, dan ditanya, barang apa yang harus dideclare, kalau jujur, bisa didenda S$12 / pack, kalau gak jujur, bisa kena $S100 / pack !!!

3.       Setelah selesai urusan Imigrasi, silahkan ambil bagasi (seandainya ada) di Luggage Belts, yang tempatnya ada setelah imigrasi. Lihat petunujuk di setiap sabuk bagasi. Cermati di monitor Luggage Belts: Pesawat, Nomor Pesawat, dan Asal Kedatangan. Misal Air Asia, QZ 7138, Yogyakarta. Jangan sampai salah jalur bagasi, apalagi ambil bagasi punya orang.


4.      Di dekat tempat bagasi terdapat Singapore Visitors Center, tempat nanya-nanya info seputar Singapore, silahkan bertanya seandainya ada yang masih dipusingkan masalah seputar Singapore,Ambil peta2 gratisan yang ada

Singapore Visitor Center Office
 5.       Di samping Singapore Visitors Center terdapat berbagai leaflet atau booklet yang berisi segala macam info mengenai Singapore. Saya Anjurkan untuk ambil salah satu atau dua yang sudah lengkap di dalamnya Peta, Tempat Rekreasi, Hotel, dan hal lain yang sekiranya dibutuhkan. Termasuk peta stasiun MRT.
tempat booklet


   6.    Ok, setelah dapat bagasinya, informasi, dan bookletnya, silahkan lihat petunjuk untuk keluar dari Terminal 1.
       
7     7.  Seandainya akan naik MRT untuk keluar dari Changi Airport menuju tujuan lain, sebaiknya lihat tanda MRT yg ada di Bandara.Sekarang pilihan untuk ke kota, mau naik apa , taxi ? MRT ? bis charter ? stasiun MRTnya ada di terminal 2, jadi harus naik sky train dulu, tinggal liat papan2 petunjuk, atau tanya ke bagian informasi.Buat yg baru pertama kali naik MRT, sebelumnya tukar uang dengan koin untuk mempermudah naik MRT, ada money changer koq, jadi tukar saja $10 dulu. Atau kalo mau bisa beli semacam “kartu terusan MRT” yang bisa di isi ulang, di kantor kecil antara pintu2 otomatis.Buat yang mau beli tiket 1x jalan saja, cari mesin beli tiket MRT, terletak di belakang eskalator, di layar touch screen itu, pilih “single standard ticket” , trus layar bakal nunjukin peta jalur MRT. Kalau sudah tau mau turun di MRT mana, tinggal sentuh layarnya, nanti muncul harga tiketnya, masukan uang ke mesin, tunggu kartu nya keluar dan uang kembalian. Setiap perjalanan, harga yang tertera ditambah $1, karena nanti setelah tiba di MRT tujuan, kartu tersebut bisa dikembalikan ke mesin yang sama, dan akan mendapat uang kembali $1
    
8     8.  Karena posisi MRT ada di terminal 2, maka silahkan pergi ke terminal 2 dengan menaiki Skytrain (Semacam kereta monorel) menuju Terminal 2. Lihat petunjuk dengan tulisan Skytrain to T2 di Bandara.
tanda ke arah Skytrain

Pemberhentian Skytrain di Terminal 1
      
      9.       Karena tujuannya hanya satu terminal, maka setelah masuk skytrain, langsung turun dipemberhentian pertama (sekaligus terakhir).
skytrain
suasana dalam skytrain

       10.   Sampai di terminal 2, lihatlah petunjuk untuk menuju MRT Station yang kalau saya tidak salah ingat tempatnya turun 3 tingkat dibawah.



Lihat tanda paling ujung kiri dan kanan diatas. tanda tersebut adalah tanda MRT. Apabila kesulitan menemukan stasiun MRT, selalu ingatlah tanda-tanda di atas sebagai petunjuk





Eskalator ke arah MRT Station

Suasana MRT Station di Changi Airport
  

 11.   Untuk yang melanjutkan dengan bis atau taksi, setahu saya juga ada di Terminal ini, silahkan Tanya petugas yang ada, tempat pemberhentian taksi atau bis di terminal 2.Jangan lupa untuk turun di stasiun MRT Tanah Merah ( 2x stop dari Changi) untuk interchange / ganti kereta, karena kereta akan balik lagi ke Changi.

   


Denah Terminal dan Spot Area Terminal

Terminal 1 :
Arrival Hall - level 1
Depature Check-In Hall Level 2
Depature Transit Lounge - Level 2
Depature Transit Lounge - Level 3

note:
- Cactus Garden. Taman ini adalah taman untuk sekitar 40 spesies kaktus dari seluruh penjuru dunia. Letak taman ini di Terminal 1, Departure Transit Lounge, Level 3.
- Fragrant Garden. Taman ini adalah tempat beberapa spesies pohon fragrant. Letak taman ini di Budget Terminal, Departure Transit Lounge, Outdoor Terrace.
- Rainforest Lounge , Lounge ini terletak di Terminal 1. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan fasilitas yang ditawarkan Ambassador Transit Lounge hanya saja disini tidak ada ruang meeting. Namun disini ada Jacuzzi dan refleksi kaki yang menggunakan ikan2 kecil untuk merefleksikan kaki anda.

 -Rooftop Swimming Pool , Bagi anda yang ingin berenang bisa menuju Terminal 1 untuk menemukan kolam renang di lantai teratas Terminal 1. Kalau matahari sedang bersinar, anda juga bisa berjemur disini sambil menunggu jadwal keberangkatan anda.
 - tempat istirahat free di Central Window Isles, Transit Mall West, Level 2
- Disini ada kinetic rain
 
- Left Baggage di Transit Area Terminal 1. Fasilitas Left Baggage ini ada di semua terminal baik di public area maupun transit area. Biaya untuk 24 jam pertama mulai dari SG$ 3.21,
- jual souvenir tanaman anggrek di Departure Transit Lounge (Level 2)


Terminal 2 :
Arrival Hall - Level 1
Depature Check In Hall - Level 2
Depature Transit Lounge - Level 2
Depature Transit Lounge - Level 3

note :
- Fern Garden & Koi Pond. Taman ini adalah taman untuk pohon raksasa purba dari Tasmania, beserta kolam ikan koi di sekitarnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2.
-  Orchid Garden & Koi Pond. Taman untuk beberapa spesies anggrek tropis yang langka, beserta kolam ikan koi di dekatnya. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 2. pengunjung dapat memberi makan ikan koi tersebut. Namun, pemberian makan dibatasi oleh jam tertentu.
-  Sunflower & Light Garden. Taman ini pada siang hari adalah taman untuk bunga matahari, bila malam tiba akan menjadi taman yang ditaburi cahaya-cahaya yang indah. Letak taman ini di Terminal 2, Departure Transit Lounge, Level 3.

 

-  Main game di bandara. Di tempat ini anda dapat mencoba permainan game teknologi terbaru dengan menggunakan XBOX atau Sony Playstation 3. Letak tempat bermain ini di Departure Transit Lounge, Level 3 of Terminal 2.
-  Changi Aviation Gallery. Tempat ini adalah galeri penerbangan yang menceritakan sejarah penerbangan di Singapura. Letak galeri ini di Terminal 2 & 3.
- Tempat pendaftaran tour gratis untuk yang transit di singapore ( Near the escalators to North Arrival Immigration and Skytrain station at Departure Transit Lounge North, Level 2)
- Bioskop  terletak di terminal 2 dan 3, dan anda dapat tidak perlu bayar untuk menontonnya.di Sunflower Garden di Departure Transit Lounge South, Level 3.
- tempat istirahat free di Sanctuary – seberang Gate E5, Transit Mall North, Level 2 & Oasis Lounge – seberang Gate E11, Transit Mall North, Level 2
- Tempat naik "SkYTrain"
- tempat JUal souvenir dari "Singapore Zoo, Night Safari & Jurong Bird Park"
- Outlet "bee cheng Hiang" di Departure Check-in Hall (Central)
- Jual souvenir tanaman anggrek di Departure Transit Lounge

Terminal 3 :
Basement 2
Arrival Hall - Level 1
Depature Check In Hall - Level 2
Level 3
Depature Transit Lounge - Level 2
Depature Transit Lounge - Level 3

note:
- Butterfly Garden. Taman ini adalah taman tempat hidup kupu-kupu tropis yang dibuat di dalam bandara. Letak taman ini di Terminal 3, Departure Transit Lounge, Level 2.Jika beruntung pengunjung bisa melihat langsung proses metamorfosa kepompong menjadi kupu-kupu.
 


- The Slide. The slide adalah perosotan panjang yang tingginya sekitar 12 meter. Perosotan ini letaknya di terminal 3, level 1. Untuk main perosotan anda dapat mendaftar di Information Center di terminal 3, level 1.
- Tempat pendaftaran tour gratis untuk yang transit di singapore (Next to Transfer Lounge B at Departure Transit Lounge North, Level 2)
- Di terminal 3 ini banyak banget toko-toko branded dan tempat makannya.
-  Nonton Bioskop free dengan layar 100 inchi Dekat Ambassador Transit Lounge at Departure Transit Lounge North, Level 3.
- tempat istirahat free di dekat Hard Rock Cafe, Transit Mall North, Level 2 & dekat Global Tax Refund, Transit Mall South, Level 2
- Bila anda membawa laptop/notebook/tablet, anda dapat menggukan akses wireless internet (wifi) Waktu yang disediakan memang hanya 15 menit.. Untuk mendapatkan login dan password akses internet, hal yang dilakukan yaitu: kunjungi Information Center, dan mintalah login internet sementara  , konek ke akses point Wireless@SG  , buka browser dan pilih provider M1 (gunakan login yang diberikan)
- Outlet " Bee Cheng Hiang" di Departure Transit Lounge  , Opening Hours : 6.00am - 1.00am
- jual Suvenir tanaman anggrek di Departure Transit Lounge
- "tiger signature bar " di Departure Transit Lounge


 # Maskapai  #

http://virginmojito.files.wordpress.com/2012/06/dscn9723.jpg

Terminal 1


Terminal 2

 

Terminal 3 

Terminal 3 merupakan terminal terbaru yang mulai beroperasi pada tanggal 9 Januari 2008, dengan desain lebih modern daripada kedua terminal sebelumnya dan memiliki beberapa fasilitas seperti Hard Rock Cafe, Butik BVLGARI, Gucci, Hermes, pusat makanan, Crowne Hotel, taman kupu-kupu dan bioskop mini. Beberapa maskapai berada di Terminal 3 ini, di antaranya: Singapore Airlines, China Eastern Airlines, Jet Airways, Qatar Airways dan United Airlines.Garuda Indonesia mulai 22 Februari 2011 memindahkan operasionalnya ke terminal ini, dari Terminal 1.

 

Budget Terminal

Terminal maskapai murah, atau yang lebih dikenal sebagai Budget Terminal, terletak terpisah dengan kedua terminal yang ada. Terminal ini dipakai mulai dari bulan Maret 2006. Penumpang harus menggunakan tangga dan berjalan di atas tarmac. Hal ini berbeda dengan kedua terminal yang lain, di mana penumpang dapat menggunakan jembatan udara atau airbridge. Para penumpang yang akan transfer ke penerbangan lainnya juga harus melalui proses imigrasi.
Terminal ini dipakai oleh:

 # Transportasi Darat #

Transportasi Dalam Bandara

Skytrain

Untuk berpindah dari Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya, penumpang dapat menaiki Skytrain, sebuah sistem transportasi kereta gratis yang beroperasi dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 01.30 dini hari. Perjalanan memakan waktu tidak lebih dari 1 1/2 menit.Enaknya di sini ya, gak perlu keluar imigrasi untuk naik skytrain antar terminal karena skytrain sudah didesain untuk public area dan boarding area secara terpisah.

Bus

Bus gratis dapat dipergunakan untuk berpindah dari Terminal 2 ke Budget Terminal dan sebaliknya. Sama dengan Skytrain, transportasi jenis ini tidak memungut biaya dari penumpang dan beroperasi 24 jam tiada henti. Airport Shuttle Service disediakan untuk mengantar penumpang ke semua hotel kecuali hotel di Sentosa Island dan Changi Village. Transfer juga dilayani dengan shuttle bus di antara ketiga terminal tersebut.

Transportasi ke Kota

Mass Rapid Transit (MRT)

Stasiun MRT Changi Airport terdapat di antara Terminal 2 dan 3, sistem kereta Singapura ini beroperasi dari pukul 05.31 sampai pukul 00.06.Penumpang diharuskan untuk berpindah jalur untuk menuju ke pusat kota pada stasiun interchange Tanah Merah . Normalnya, perjalanan ke kota memakan waktu sekitar 26 menit tidak termasuk waktu tunggu.Untuk naik MRT, dari terminal kedatangan kamu hanya perlu naik skytrain ke terminal 2 dan ikuti papan petunjuk bertuliskan MRT aja. Tarif ke kota rangenya sekitar 0.98 – 2.50 dolar, kalau kalian pengguna single ticket (yang berwarna hijau dan bisa kalian beli melalui GTM – mesin penjual tiket) harganya ditambah 1 dolar, yang akan direfund setelah kalian mengembalikan tiketnya kembali ke dalam mesin. Kalau kalian traveler yang hanya tinggal selama 1-3 hari dengan intensitas bepergian yang padat, aku menyarankan untuk memakai Tourist Pass.


  Tourist Pass ini semacam transportation smart card yang bisa digunakan untuk bus, MRT dan LRT ke manapun dan kapanpun kalian pergi tanpa ada tambahan biaya lagi. Harganya beragam, 1 day pass dihargai 20 dolar, 2 days pass 25 dolar dan 3 day pass dihargai 30 dolar (10 dolar akan direfund saat kalian mengembalikan kartu sebelum waktu expiry yang mereka tentukan, biasanya 2 hari setelah masa berlaku kartu habis). Tourist pass ini bisa dibeli di ticket office (di concourse, begitu kalian turun dari eskalator langsung putar balik ke kiri, konternya buka jam 12 siang terletak di pojok kanan hall), setelah beli kalian bisa jalan-jalan sekuatnya sampai bungkuk nggak masalah XD. 

Selain itu juga ada EZ Link, transportation smart card untuk para penduduk lokal di Singapura yang bisa di top-up kapanpun bila balancenya habis. Kita juga bisa pakai sih di sana kalau tingga; lebih dari tiga hari dengan intensitas bepergian yang nggak begitu padat, menghemat lebih banyak dolar dan nggak ada minusnya juga.


 Untuk para turis, pemerintah Singapura jugs menyediakan yang namanya ‘City Pass’. Kalau tourist pass di atas tadi hanya untuk smart card transportasi ke seluruh negeri kecuali taksi, ini adalah layanan yang memudahkan para turis untuk mengunjungi seluruh area turisme dan atraksi yang negara itu sediakan dengan hanya satu kartu aja, termasuk city tour dengan bus double-decker, Universal Studios, Singapore Zoo, Singapore River, Singapore Flyer dan Sentosa Trips & attractions. Harganya beragam untuk anak-anak dan dewasa (1-3 hari) dari 54 – 140 dolar, informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini. Enaknya dengan memakai fasilitas ini adalah kalian mendapatkan penawaran harga yang lebih murah hingga 50% dari harga normal tanpa city pass, nggak enaknya adalah bepergian kalian jadi nggak fleksibel karena dikejar waktu dan nggak semua atraksi bisa dinikmati dalam tiga hari karena buru-buru (pengen datengin semua tempat biar nggak sayang).

 

Taksi

Dua jenis taksi, yaitu taksi biasa dan taksi limusin tersedia di Bandara Changi. Berikut adalah peraturan pemberian harga:
  • Taksi biasa: Harga pada argo meteran + S$ 5.00 (Jumat sampai Minggu, pukul 17.00 sampai 24.00).
  • Taksi biasa: Harga pada argo meteran + S$ 3.00 (hari lain).
  • Taksi limusin: Harga tetap S$ 35.00 ke seluruh tujuan di Singapura + biaya tambahan bila diperlukan.

MaxiCab

MaxiCab merupakan sebuah mobil berkapasitas 6 orang yang dapat mengantarkan penumpang ke seluruh hotel dan pusat bisnis di Singapura tidak termasuk Pulau Sentosa dan Changi Village. Pemesanan dilakukan di hall kedatangan dan biaya langsung dibayarkan kepada sopir. Berikut adalah peraturan pemberian harga:
  • Dewasa: S$7.00
  • Anak: S$5.00
MaxiCab beroperasi setiap 30 menit dari pukul 06.00 sampai 18.00, setiap 15 menit dari pukul 18.15 sampai 24.00, dan setiap 30 menit dari pukul 00.30 sampai 02.00.


BUS

 Dari bandara kalian bisa naik bus nomor 36 dari basement bandara (sekali lagi ikutin aja petunjuknya, nggak perlu takut nyasar karena petunjuk di sana lengkap pake banget!) mulai dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam, ya, cuma ada satu nomor ini aja di sana dan tujuannya berakhir di Tomlinson Road. Untuk rute detailnya silakan liat di sini.

Layanan pengguna bus di Singapura bisa dibilang cukup bagus, memang masih ada beberapa jalur yang memakai bus lama (tapi semua berAC dan dalam kondisi baik), tapi kemarin sudah cukup banyak armadanya yang diganti baru dengan fasilitas mempermudah para orang cacat untuk tetap bisa naik bus dan juga space yang cukup lebar untuk mereka. Ada ratusan jalur melayani para penumpang untuk bepergian ke seluruh penjuru pelosok Singapura (ada kali 800an) dan tersebar di berbagai bus interchange (terminal bus sekaligus MRT), dan nggak semua bus ngumpul di satu tempat jadi sebelumnya kalian harus tau ke mana mau pergi untuk melihat rutenya. Untuk merencanakan jalan-jalan kalian dengan bus dan mendapatkan nomor rutenya kalian bisa klik di sini.
Rute bus ditulis lengkap dalam daftar nomor bus yang tersedia di setiap halte dan juga terminal. Dulu ketika pertama kali ke Singapura aku paling nggak paham membaca rute bus karena tulisannya buaaanyaak banget, tapi jangan takut, sebenarnya nggak sengeri itu juga, karena ternyata membaca rute bus sama sekali nggak sulit selama tau arah tujuan kita ke mana.
*tips untuk naik bus: tentukan dulu ke mana kalian pergi karena nggak semua rute bus berhenti di satu halte atau bus interchange, kenali daerah sekitarnya dan di mana kalian akan turun, karena kalau nggak resikonya bisa kebablasan atau malah nyasar. Daftar rute bus bisa dilihat di sini.

 

Rental Mobil

Rental mobil tersedia di hall kedatangan Terminal 2.


Berikut Bagan di airport






































0 comments:

Post a Comment